---gtag google anaylitc terbaru ----end code Jeruk Purut - go.khoiri.com
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jeruk Purut

Tanaman jeruk purut merupakan tanaman perdu yang tingginya mencapai 4 - 10 meter. Jeruk purut mempunyai duri yang tumbuh di sepanjang batangnya. Daunnya mempunyai aroma yang segar sehingga dapat dimanfaatkan untuk bumbu masak, buahnya berwarna hijau dengan tekstur daging buah yang berbenjol .
Tanaman jeruk purut merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Mengingat penggunaan daun jeruk purut pada berbagai masakan Nusantara, seperti pembuatan rempeyek, nasi pecel, nasi tumpeng, urap-urap, soto dan sebagainya.Dalam dunia boga Asia Tenggara  penggunaannya cukup sering dan rasa sari buahnya yang masam biasanya digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan untuk mencegah rasa mual, seperti pada siomay. Ikan yang sudah dibersihkan biasanya ditetesi perasan buahnya untuk mengurangi aroma amis.
Klasifikasi ilmiah tanaman jeruk purut
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Subkelas : Rosidae
Ordo : Sapindales
Famili : Rutaceae
Genus : Citrus
Spesies: C. × hystrix
Nama binomial : Citrus × hystrix
Dalam perdagangan internasional, tanaman jeruk purut dikenal sebagai kaffir lime, sementara nama lainnya ma kruut (Thailand), krauch soeuch (Kamboja), 'khi 'hout (Laos), shouk-pote (Burma), kabuyau, kulubut, kolobot (Filipina), truc (Vietnam) dan limau kuwit (Banjar)

Post a Comment for "Jeruk Purut"

close