Sabtu, 09 Agustus 2014

Bagaimana Meraih Impian Kita



We know every human being in this world have a different dream, impian itu tentunya tergantung pada pola pikir kita, keyakinan kita, serta pengetahuan yang kita peroleh. Misalnya bila ia seorang yang religius, setiap hari yang ia pelajari ialah materi-materi agama, ia sekolah di lingkungan agamis, maka besar kemungkinan cita-citanya ialah menjadi kyai atau mendirikan sebuah pondok pesantren, atau mungkin juga ikut partai politik yang berbasis massa islam.
Bila ia seorang yang dilahirkan dikeluarga yang mata pencahariannya adalah berdagang, setiap hari yang ia temui adalah transaksi jual beli, bagaimana memperoleh keuntungan dari hasil jual beli, lalu yang ia pelajari setiap hari ialah tentang materi ekonomi atau ilmu-ilmu teknik. Maka kemungkinan besar cita-citanya ialah menjadi seorang pengusaha atau pedagang seperti orang tuanya, atau mungkin dia ingin bekerja di perusahaan atau perbankan.
Kemudian bila seorang anak tiba-tiba senang belajar bahasa inggris, setiap hari yang ia dengarkan percakapan orang inggris, lalu materi yang ia dapatkan sehari-hari adalah materi bahasa inggris, maka kemungkinan besar ia ingin menjadi guru bahasa inggris, atau  ia ingin dapat beasiswa ke luar negeri, atau mungkin ia ingin menjadi tour guide  lalu menikah dengan turis,:-)
Okelah apapun cita-cita anda, yabg terpenting adalah bagaimana anda mewujudkan atau meraih cita-cita anda. Ini ada beberapa tips untuk meraih impian anda:
1. Tuliskan atau gambarkan secara detail impian anda.
Jikalau anda ingin menjadi seperti apa di masa depan, maka anda harus menulis secara jelas cita-cita anda, misal saya ingin menjadi guru bahasa inggris yang sejahtera. Atau ingin dapat beasiswa S2 di luar negeri, di negeri amerika di kota California di kampus X dengan jurusan Master Engineering misalnya. Karena sesuatu yang kita impikan harus dimulai dengan sesuatu yang jelas sehingga kita mudah untuk meraihnya, bukan sesuatu yang masih kabur, sebagai contoh yang mudah kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari, ialah ketika orang mau membangun rumah, pasti ia ada gambaran mengenai tipe berapakah rumah yang akan ia tempati, catnya warna apa, jendelanya berapa, terus berapa jumlah batu bata yang dibutuhkan. Sehingga untuk melakukan langkah selanjutnya jelas, karena ada gambaran terlebih dahulu tentang apa yang akan kita lakukan.
2. Buat planning A,B,C
Ketika kita melakukan perencanaan maka kita harus mempunyai beberapa tahapan perencanaan, yaitu tahap A, B dan C. bila rencana A kita tidak berhasi;, maka kita masih ada rencana B dan C. bila rencana B juga tidak berhasil, maka terakhir ialah rencana C. rencana C ialah rencana yang paling realistis yang kemungkinan besar mampu untuk kita jalani.
3. Don't give up
Jangan menyerah ketika kita masih dalam perjalanan untuk mencapai impian kita, karena kadangkala sesuatu yang kita inginkan tidak bisa terjadi secara instan di depan kita, butuh tahapan waktu, butuh kesabaran untuk tercapainya suatu hasil, seorang penulis terkenal bernama Stephen King yang novelnya difilmkan berkali-kali, ternyata harus menerima penolakan-penolakan berkali-kali pula oleh penerbit, sampai berbulan-bulan tidak ada penerbit yang mau menerima novelnya, sampai ia sudah membuang novel nya kedalam keranjang sampah. Namun istrinya terus menyemangatinya, akhirnya novelnya berjudul Carrie pun terbit.. Mungkin impian kita capai pada tangga ke 9 penolakan, atau impian itu bisa kita capai setelah 25 kali penolakan. Sehingga jangan menyerah dan terus semangat mencapai impian kita masing-masing.
4. Pray to your god
Siapapun kita di dunia ini, kita adalah makhluk tuhan, dan dunia ini juga milik tuhan. Sehingga kita harus tetap berdo’a dan memohon tuhan kepada pencipta alam semesta. Semoga apa yang anda impikan tercapai dan bisa terealisasikan dalam kehidupan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar