Rabu, 19 Juni 2013

KETIKA KEGAGALAN ADALAH KENISCAYAAN


 
Terima kasih banyak kusampaikan lewat tulisan ini bagi temen-temen yang pernah mengucapkan selamat ulang tahun, yang pernah menasihati saya, yang pernah bertegur sapa dan menjadi teman saya dalam menjalani kehidupan sebagai hamba juga kholifah Allah di muka bumi. disini di tulisan ini saya mau berbagi tentang pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat bagi anda semua. Dahulu ketika saya masih SD kelas 6.  saya belajar pertama kalinya untuk mengendarai sepeda motor, masih teringat jelas sepeda motor tersebut adalah Honda Astrea Grand warna hitam, dan ketika kendaraan yang saya tumpangi melewati pematang sawah,  saya belokkan kendaraan tersebut, celakanya saya masih belum bisa mengendarai kendaraan tersebut secara benar akhirnya saya menabrak pohon yang berdiri di pematang sawah, walhasil terjungkallah saya ke depan sepeda motor dan terguling-guling di sebuah lahan dekat sawah, tak hanya itu sepeda motor tersebut setirnya menjadi lurus tak bisa dibelokkan, sudah badan remuk redam motor bermasalah lagi, namun Alhamdulillah saya tak mengalami patah tulang atau patah rahang atau luka-luka berat lainnya, hanya pakaian saya menjadi kotor karena terkena debu, akhirnya hari pertama saya belajar sepeda motor mengalami kegagalan.
 Apakah cerita saya belajar sepeda motor selesai pada hari itu, ternyata tidak, saya memilih untuk belajar kembali mengendarai sepeda motor, karena jika saya tak bisa mengendarai sepeda motor, maka akan menjadi hambatan bagi saya untuk melintasi penjuru langit dan bumi. Ketika hari kedua belajar sepeda motor, saya sudah mampu mengendarainya secara lebih baik dan benar, saya juga sudah bisa membelokkan dengan baik dan benar, tapi ternyata di luar dugaan saya masih gemetar ketika bersimpangan dengan kendaraan orang lain, akhirnya di jalan makadaman deket sawah, saya bersimpangan dengan truk yang mengangkut banyak karung besar, karena saya gemetar, kendaraan saya oleng akhirnya tercebur ke parit-parit sawah, begitu juga halnya saya, tubuh saya yang masih mungil tak mampu mengangkat sepeda motor naik ke atas jalan, sungguh puji tuhan ketika kita belajar atau berusaha demi sebuah kebaikan  maka akan ada pertolongan bagi kita, saat itu juga ketika saya kewalahan ada orang yang lewat dan membantu saya mengangkat sepeda motor saya naik ke atas jalan, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada orang tersebut. Semoga Allah membalas anda pak, Kesimpulannya hari kedua saya belajar sepeda motor mengalami kegagalan.
Dan tibalah hari ketiga saya belajar mengendarai sepeda motor, tapi sebelumnya saya sudah mempersiapkan dengan matang serta sudah menanyai tetangga kanan kiri begitu juga teman saya semua bagaimana membelokkan kendaraan secara benar, bagaimana ketika bersimpangan dengan kendaraan-kendaraan besar. Akhirnya perjalanan hari ketiga saya berakhir dengan gemilang dan Alhamdulillah setelah itu saya tak pernah lagi mengalami kegagalan ketika mengendarai sepeda motor. Satu kata untuk menuliskan apa yang telah saya capai, keberhasilan.
Dari cerita saya di atas dapat difahami bahwa untuk menuju keberhasilan dibutuhkan usaha untuk mengatasi sebuah kegagalan, kegagalan adalah sebuah hambatan yang muncul ketika masalah atau kesulitan belum terpecahkan, Ketika masalah atau kesulitan tersebut sudah terselesaikan maka yang ada tinggallah keberhasilan. cerita saya adalah satu cerita di antara jutaan lembaran cerita keberhasilan manusia untuk meraih apa yang diimpikannya, bila saya mempunyai kewenangan ilmiah dan diperbolehkan memformulasikannya dalam sebuah formula, akan tertulis sebagai berikut :
Dari rumus tersebut diketahui MASALAH adalah suatu hal yang berfungsi sebagai pembagi dan USAHA adalah berfungsi sebagai yang dibagi. Supaya diperoleh hasil berupa BERHASIL yang besar maka harus  meminimalkan MASALAH dan memperbesar USAHA yang diupayakannya.  Bila satuan USAHA secara SI (standard Internasional) ialah Joule diambil dari nama ilmuan James Presscot Joule, dan satuan MASALAH belum ada, juga satuan BERHASIL belum ada, maka bolehlah kalaulah suatu hari kelak ternyata rumus ini bisa divalidasi secara ilmiah, tolong cantumkan nama orang yang berjasa besar bagi umat sedunia ini pada satuan tersebut. Atau boleh juga kalo satuannya BERHASIL memakai Ilzami dari nama saya Rifqi Ilzami Khoiri,, hahaha (mimpi kali yee,,)
            Adapun bila kita melihat kegagalan yang ada pada diri kita untuk mencapai mimpi kita yang belum tercapai, maka bersabarlah serta terus mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Kadangkala ada diantara kita yang berpendapat bahwa bersabar itu pasif, tapi mohon maaf, menurut saya pribadi bersabar itu aktif, aktif bertahan terhadap cobaan, kesulitan, permasalahan yang dihadapinya, aktif untuk mencari solusi serta memecahkan permasalahan yang ia hadapi, serta aktif untuk meminta kepada tuhan pencipta alam semesta agar dimudahkan dan diberi jalan keluar atas kesulitan ia hadapi. Akan tetapi bila kita kalah dengan masalah dan kesulitan maka pasti kegagalan adalah keniscayaan bagi kita.
Ada sebuah ucapan yang sangat menginspirasi bahwa permasalahan akan selalu ada dan selalu menemani manusia selama ia hidup di dunia,  permasalahan baru hilang ketika manusia sudah tertanam di liang lahat. Menurut ilmuwan prancis kesulitan adalah suatu hal yang pasti dalam sistem tata surya di dunia ini. Sehingga wajar jikalau setiap hari selalu menemui masalah atau kesulitan, maka semoga tetap sabar, optimis dan yakinlah bahwa tak akan kekal selamanya duka lara, namun juga tak kan abadi canda tawa. Jikalau kegagalan  masih sangatlah berat untuk kita lawan, dan bila ada orang yang bertanya atau berkata “gi mana? Udah sampai mimpinya belum?”  “wah kamu gagal ya tahun ini?” janganlah menjawab pertanyaan tersebut dengan mengiyakannya.karena dengan mengiyakannya akan memberikan efek pesimis pada pribadi kita, melainkan kita harus menolak bahwa kita gagal, kita masih berproses dan yakin di ujung jalan keberhasilan sudah menanti untuk kita rengkuh.       

Tuhan Yang Maha Tahu Atas Segalanya


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar