Jumat, 12 November 2010

Perencanaan dan Pengendalian Produksi

Perkuliahan ini merupakan salah satu mata kuliah penting bagi mahasiswa Teknik industri, karena itu kebanyakan mahasiswa TI kalo kerja di pabrik di bagian ini, dibagian perencanaan dan pengadaan produksi atau bagian PPIC.

Salah satu contoh tentang mata kuliah ini ialah hubungan yang terjadi antara gudang bahan baku, proses dan produk jadi.
Gudang bahan baku proses Barang Jadi
Misal sebaiknya apakah barang di gudang itu lebih banyak/ lebih kecil/ sesuai dengan permintaan???
Jawabnya ialah bila persediaan barang di gudang itu banyak maka akan menyebabkan kerugian yang berupa bertambahnya biaya perawatan, barang rusak, juga dikhawatirkan kadaluwarsa. Adapun keuntungannya ialah tidak kuatir akan kekurangan bahan baku pada aktifitas produksi,
Sedangkan bila persediaan barang di gudang itu sedikit/kecil juga terdapat kerugian dan keuntungan, misal kerugiannya ialah apa bila permintaan terhadap produk jadi itu meningkat, maka dikhawatirkan persediaan barang tidak cukup untuk membuat barang produk jadi.. keuntungannya menghemat biaya pengadaan bahan baku.
Yang bagus ialah persediaan bahan baku di gudang itu sesuai dengan permintaan yang ada.,,, agar bisa seperti itu diperlukanlah ilmu-ilmu berupa OR (operational rsearch) juga statistik, yang bisa digunakan untuk memperkirakan (forecasting) bagaimanakah memperkirakan keadaan yang terjadi pada masa akan datang dengan adanya data yang ada pada masa lampau.
Tujuan dari perkuliahan ini adalah mahasiswa mampu membuat perencanaan kebutuhan material & melakukan PPC (perencanaan dan pengendalian produksi) dengan menggunakan beberapa metode peramalan.
Yupz sekilas itu dulu ya,,, lanjut ditulisan selanjutnya,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar