Minggu, 25 Juli 2010

PKM gue 2

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sering terjadi peremasalahan pada proyek ialah pembengkakan jadwal kegiatan atau waktu untuk menyelesaikan kegiatan itu lebih lama dari yang sudah di rencanakan, yang pada akhirnya mengakibatkan bertambah biaya pula dalam membiayai proyek tersebut. Kerugian lainnya ialah munculnya rasa ketidakpuasan dari para pekerja juga orang yang mentenderkan proyek tersebut.
Hal tersebut bisa saja diantisipasi sejak dari perencanaan proyek tersebut dengan berbagai metode, bisa menggunakan CPM (Critical Path Method) bisa juga menggunakan programa dinamis (Dynamic Programming).
Sedangkan Programa dinamis ialah suatu kumpulan teknik-teknik programasi matematis yang digunakan untuk pengambilan keputusan yang terdiri dar banyak tahap (multistage).
Programasi dinamis telah banyak diterapkan dalam massalah-masalah bisnis dan industri. Seperti masalah-massalah schedulling produksi, pengendaliaan persediaan, analisa network, proyek-proyek penelitian dan pengembangan dan employment semuanya dapat dipecahkan denga menggunakan programasi dinamis, masalah-masalah ini dipecahkan dengan menggunankan prosedur-prosedur pentyelesaian programassi dinamis yang berbeda-berbeda tergantung pada ssifat massalah optimisasinya.
Oleh karena itu, Penulis melakukan suatu kegiatan kreatifitas untuk menemukan lintasan paling optimal dari suatu proyek Bedah buku TSQ-Stories Se-JATIM, yang telah penulis amati dari awal kegiatan sampai berakhirnya kegiatan tersebut.Alasan Penulis mengambil kegiatan Bedah Buku TSQ-Stories ialah supaya mudah menjelaskan ke khalayak mahasiswa tentang manfaat programasi dinamis dalam kegiatan-kegiatan mereka. Karena kita ketahui banyak mahasiswa ITATS yang aktif di UKM (unit kegiatan mahasiswa) atau HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)
Semoga dengan apa yang telah dilakukan ini bermanfaat bagi semua,, AMIIN.
B. Rumusan Masalah
Adapun batasan masalah yang kami gunakan ialah sebagai berikut :
• Bagaimanakah sifat-sifat Programa Dinamis?
• Seperti apakah cara kerja Programa dinamis untuk menemukan rute paling optimal dalam suatu proyek?
• Bagaimanakah memberikan pemahaman kepada masyarakat kampus terkait manfaat Programa dinamis?

C. Batasan Masalah
Untuk memberikan kejelassan dan menghindari permasalahan yang lebih luas didalam menyelesaikan kegiatan ini, maka penulis akan memberikan penulisan dalam penelitian ini sebagai berikut :
1 Membuat lintasan Siklus kegiatan proyek dari awal sampai selesainya Proyek.
2 Mencari lintasan optimal juga lintasan kritis dengan menggunakan Programa dinamis
3 Penelitian dilakukan di UKKI-ITATS pada kegiatan Bedah Buku TSQ-Stories Se-JATIM dari tanggal 6-12 Juni 2010.

D. Tujuan
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari solusi optimal dengan menggunakan programa dinamis (Dynamic programming) pada suatu kegiatan (proyek) bedah buku TSQ Stories Se Jatim. Dengan menggunakan metode programa dinamis dalam kasus tersebut, maka tujuan yang hendak dicapai oleh penulis adalah :
a. Dapat memahami sifat – sifat Program Dinamis
b. Dapat memahami dan mengenali kasus riil atau nyata masalah yang berhubungan dengan Program Dinamis.
c. Mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat kampus pada khususnya dan masyarakat luar kampus pada umumnya tentang manfaat programa dinamis.
E. Manfaat
Adapun manfaat yang diharapkan dari pengamatan ini adalah agar dapat mengetahui lintaasan kritis dari proyek ini, juga memberikan pemahaman kepada masyarakat ITATS tentang manfaat programa dinamis.

F. Sistematika Penulisan
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini dijelaskan mengenai latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat dan sistematika penulisan PKM ini.
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Pada bab ini menjelaskan tentang dasar-dasar penelitian yang didapat dari referensi-referensi dari luar, berupa hal-hal yang berkaitan dengan tugas PKM ini.
BAB III METODOLOGI
PAda bab ini menjelaskan tentang langkah-langkah yang dilakukan selama kegiatan pengamatan berlangsung, juga menjelasjkan metode apa nantinya yang dingunakan untuk analisa data.
BAB IV ANALISA HASIL DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini menjelaskan tentang proses pembuatan lintaasan yang menggunakan AON(Activity On Node) juga proses menemukan lintasan kritisnya dengan menggunakan programa dinamis
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini berisi tentang kesimpulan dari hasil kegiatanpengamatan juga proses perhitungan menggunakan metode programa dinamis tersebut, juga berisi saran-saran yang membangun dalam kegiatan penulisan karya ilmiah ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar