Sabtu, 24 Juli 2010

Perancangan organisasi

SOAL 1 (nilai 55)
Dari tugas mandiri yang terakhir (menjelang UAS)-Berikanlah jawaban yang lengkap padat terhadap beberapa hal berikut :
a. Perusahaan (organisasinya) apa-produk dan pasar (domain)?
b. Sejarah singkat perusahaan (organisasi)?
c. Ukuran Organisasi (jumlah karyawan, jumlah kantor cabang-kalau ada, jumlah omzet dan asset-kalau ada)?
d. Struktur dan desain organisasi yang digunakan?
e. Bagaimana koordinasi antar divisi dijalankan?
f. BAgaimana Budaya organisasi dibangun?
g. Bagaimana adopsi serta adaptasi kemajuan teknologi dan informasi diberlakukan di perusahaan (organisasi) tersebut?

SOAL 2 (nilai 45)
Tiga hal berikut juga perlu anda jelaskan dengan lugas serta contohnya!
a.Metafora Organisasi sebagai penjara pskis (physic prison)
b.Penyelesaian konflik antar komponen/bagian/divisi yang ada dalam suatu organisasi?
c.Persoalan budaya organisasi serta kiat untuk meningkatkan efektivitas suatu organisasi?

Penyelesaian:
Soal 1
a.Perusahaan yang bergerak di bidang jasa, yaitu perusahaan JW Marriot, produk yang dihasilkan ialah pelayanan kepada pelanggan berupa penginapan, restoran, tempat b elanja dsb, pasar JW Marriot ialah para ekskutif, pejabat, wiman dll
b.Sejarah singkat JW Marriot ialah ia merupakan kepanjangan nama dari James Williard Marriot, Bisnis Marriott berawal dari usaha pengolahan bir yang berlokasi di Washington pada tahun 1927. Saat itu, ia bekerja sama dengan A&W Beer dan mendapatkan hak jual untuk daerah Washington dan sekitarnya.
Dari usaha penjualan bir, Marriot mulai mengembangkan sayap usahanya di bidang restoran. Di tahun 1927 pula, ia membuka restoran keluarga dengan tambahan menu Meksiko. Restoran yang diberi nama The Hot Shoppes itu akhirnya laris manis dan terkenal. Saat usaha restoran berkembang, ia melebarkan sayap di bidang bisnis kontraktor bangunan.
Tak puas dengan bisnis yang ada, Marriot merambah ke dunia perhotelan. Hotel pertama yang ia dirikan lebih merupakan motel bernama Twin Bridges Motor Hotel di Virginia. Berawal dari satu hotel, kelak bisnis jaringan hotel yang ia dirikan menyebar ke seantero dunia sampai ke Surabaya sini
c.Jumlah karyawan JW Marriot di sekitar di berbagai belahan dunia ialah sekitar 154600 orang karyawan. Marriot International memiliki 3 bisnis paling utama yaitu : Marriot Lodging, Marriot Excustay dan Marriot Golf. Untuk marriot Lodging beroperasi kurang lebih sebanyak 2600 hotel-hotel pilihan, jumlah kesulurhannya di seluruh Negara kurang lebih 442800 kamar dan 6780 villa yang dipakai sebagai tempat tinggal. Masing-masing perusahaan Marriot Hotel, Resort and Suites (penuh layanan, sebanyak 428 hotel termasuk dengan 13 pusat konferensi). JW Marriot Hotel (mahal 20 hotel),Ritz Carlton (Nyaman, 46 hotel) Renaissance hotel, Resorts and suites (berkualitas, 124 hotel) Marriot executive Apartment (layanan untuk apartemen, 7 properti) dan masih banyak lagi yang lainnya.
Untuk tambahannya Marriott Execustay mengatur lebih dari 5300 apartemen yang lengkap dengan peralatannya untuk disewakan pada rumah perkantoran. Marriott Golf beroperasi sebanyak 26 tempat golf, Marriott senior living service mengoperasikan sebanyak 156 komunitas yang berkaitan dengan kehidupan manula yang menyebar di seluruh amerika serikat dengan pilihan perhatian khusus yang terdiri dari kehidupan bebas/mandiri.dsb.
d.Terdapat 7 departemen pada Hotel JW Marriot, yaitu sebagai berikut Room department yang didalamnya dikepalai oleh director of room, yang membawahi beberapa departemen antara lain : front office department, housekeeping department, consierge, operator dan health club.. kemudian finance department yang bertugas mengatur semua hal yang berkaitan dengan biaya hotel, finance hotel ini membawahi account payable (utang), account receivable (piutang), cost control, purchasing, finance departement ini dikepalai oleh director,,, selanjutnya Cullinary department, yang bertugas dalam mengolah dan menghasilkan produk makanan, kue, roti, department ini dikepalai oleh seorang executive chief.,, setelah itu Food and beverage department yang bertugas memberikan layanan di resotran, department ini dikepalai oleh seorang manager,, selanjutnya Engineering Departement yang bertugas menangani masalah yang berkaitan dengan elektrik (AC, TV, Lampu) sserta semua kerusakan yang ada di ruang tamu. Departement ini dikepalai oleh seorang direktur of engineer.,, kemudian Sales and marketing department yang bertugas untuk menawarkan dan menjual produk. Departement ini dikepalai oleh seorang direktur of sales and marketing yang membawahi director of sales, director of catering, sales manager, revenue manager, public relation manager, Director of catering membawahi banquet, yaitu department yang mambawahi terkait event-event di hotel seperti wedding party, birthday party, meeting dan pameran.,, yang terakhir ialah Human Resource and Development Departement yang ebrtugas merekrut dan menyeleksi karyawan. Selain itu, department ini juga bertugas menangani seluruh masalah yang berkaitan dengan karyawan misalnya : promosi, penurunan jabatan, kesehatan karyawan Departemen ini dikepalai oleh seorang director of human resources.
e. Koordinasi antar divissi dijalankan dengan cara berkomunikasi antar departemen, misalnya bagian room department setelah mengcek keadaan tiap kamar di hotel Marriot terdapat kerusakan AC dan TV pada kamar nomor sekian lantai sekian, maka selanjutnya department tersebut menghubungi bagian Engineering department untuk memperbaikinya, untuk jumalh biaya yang harus dikeluarkan selama masa perbaikan maka hal tersebut merupakan permasalah finance department.
f.Menurut saya Budaya Organisasi di JW Marriot ialah tekun, kerja keras, tepat waktu, dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap karyawannya. hal itu dicontohkan oleh JW marriot ketika ia masih hidup, ia bersifat humanis terhadap karwannya, dikkisahkan saat ada pekerja yang sakit, tak segan ia menengoknya. Saat ada yang terkena masalah ia juga ikut membantu memecahkannya. Dan tanpa terduga ketika siang atau malam ia sering mendatnagi tempat2 usahanya, seperti restoran atau hotel, ia langsung memeriksa bahkan sampai hal-hal yang sepele seperti alat dapur, alat masak, kamar dan lain-lain, jiak masih ada yang kurang beres, maka ia akan marah besar.
g.Adopsi teknologi yang digunakan Oleh JWMarriott sangat banyak, mulai dari rangakaian listruik yang terdapat di seluruh bagian hotel, adanya TV, AC dan sebagainya, serta Lift yang terdapat dalam hotel JW Marriott, serta adanya Kamera penginatai sebagai keamanan dalam hotel JW Marriott.

SOAL 2
a.Organsasi sebagai metafora penjara psikis, ialah ketika mengikuti suatu organisasi maka kita akan terikat pula dengan segala macam peraturan yang terdapat dalam organisasi tersebut, segala tata tertib di organisasi lah yang membuat kita terkekang dan tidak bisa bebas dalam organisasi, misalnya ketika kita telah resmi menjadai mahasiswa kampus teknik, maka kita juga harus siap masuk penjara didalamnya , yaitu berupa wajib membayar SPP, wajib mengambil SKS yang telah ditentukan sapai akhir kuliah, wajib pula mengikuti pekatikum serta kerja praktek dsb, itulah yang disebut organisasi sebagai penjara psikis.
b.Penyelesaian konflik dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.Dominasi/kompetisi = suatu upaya untuk mencapai tujuan atau meneruskan keinginan tanpa menghiraukan akibatnya terhadap pihak-pihak yang berkonflik, menyaingi dan mendominasi. Pendekatannya adalah menang-menang.
2.Kompromi = Masing-masing pihak yang berkonflik harus menyerahkan sesuatu, maka terjadilah saling member, sehingga konflik berakhir dengan persetujuan bersama, Penyelesaian konflik berakhir denga persetujuan bersama. Dalam kompromin tidak ada yang menang atau kalah.
3.Kolaborasi = MAsing-masing pihak yang berkonflik ingin memuaskan keinginan semua pihak, ada kerjasama untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan. Perilaku dari pihak-pihak yang bersangkutan ditujukan untuk pemecahan masalah dengan jalan memperjleas perbedaan melalui mendengarkannya dengan aktif, bukan dengan jalan menampung macam-macam pandangan. Pendekatannya adalah menang-menang.
4.Akomodasi = Dalam hal ini pihak-pihak yang brkonflik ingiin memenangkan pihak lawan, yang ebrsangkutan bersedia menempatkan kepentingan pihakn lawan diatas kkepentingan sendiri. Atau untuk menjaga agar hubungan tetap baik, salah satu pihak bersedia untuk berkorban.
5.Menghindar = Seseorang yang menyadari adanya konflik member reaksi dengan menarik diri atau memendam konflik tersebut.
c.Kunci perubahan budaya sangat ditentukan oleh perubahan perrilaku individu dan tema perubahannya, sedangkan perubahan perilaku sangat dipengaruhi oleh kompetensi manajerialnya. Kunci implementasi perubahan budaya adalah berubahnya perilaku indvidu, Sedangkan perubahan perilaku individu seringkali melalui proses belajar,,,.Kiat untuk meningkatkan efektivitas organisasi bisa denggan memberikan reward bagi anggota organisasi yang terlihat paling rajin, atau dengan mengadakan training motivasi yang bisa meningkatkan spirit anggota organisasi tersebut..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar