Senin, 05 Juli 2010

MSDM

MOTIVASI
Dalam melakukan segala pertbuatan, seorang manusia pasti ada alaan yang membuatnya melakukan hal tersebut, alAsannya bermacam-macam bisa berupa ingin dihargai, ingin berprestasi, atau karena ada ancaman dsb., dorongan untuk melakukan perbuatan tersebut lazimnya disebut juga motivasi.
Sementara apabila kita pelajari lebih lanjut, Rasa ingin dihargai, ingin dipuji, ingin berkuasa adalah merupakan naluri dalam diri manusia, yaitu naluri mempertahankan diri, sehingga jika hal tersebut tidak bisa dipenuhi tidak akan menyebabkan kematian pada diri individu tersebut, yang diraasakan manusia ketika tidak terpenuhi nalurinya ialah gelisah.dan kemunculan naluri ini bisa dicegah dengan meniybukkan pada aktifitas-aktifitas lainnya, semisal olahraga, belajar dsb
Selain manusia melakukan suatu perbuatan karena ada motivasi dari naluri melestarikan jenis juga naluri mempertahankan diri, ada satu lagi yang memotivasi manusia yaitu naluri beragama, naluri ini selalu ada pada diri manusia,dan naluri inilah yang menjadi pegangan manusia dalam melakukan suatu perbuatan. Apakah pekerjaan yang ia lakukan sesuai agama atau tidak, halal atau haram.
Berbeda halnya jika motivasinya karena kebutuhan untuk melangsungkan kehidupan/kebutuhan jasmani/, misalnya biaya konsumsi keluarga sebulan, hal tersebut harus dipenuhi, karena bila tidak terpenuhi bisa menyebabkan kematian pada manusia, sehingga motivasi untuk kebutuhan hidup/jasmani ini lebih tinggi daripada naluri naluri jenis ini tak bisa disegah dan dialihkan, bisanya Cuma ditahan dan itu pun tak bisa berlangsung lama, karena kebutuhan jasmani harus dipenuhi oleh setiap manusia..
Sementara naluri lainnya, naluri melestarikan jenis(kebutuhan biologis) berupa ingin menikah, ingin punya anak, juga bisa menjadi motivasi orang melakukan suatu perbuatan, misalnya: ketika seorang lelaki sudah jatuh cinta pada seorang wanita , maka apapun akan ia lakukan untuk mendapatkan wanita tersbut, untuk menjadikan ia istrinya. Bahkan ada slogan “kalau cinta sudah melekat tai kucing rasa coklat”.
Setiap manusia selalu butuh motivasi dalam setiap aktivitas hidupnya, karena tanpa adanya motivasi membuat apa yang kita capai kurang bisa maksimal. Contohnya sebagai berikut, seorang lakilaki yang bekerja hanya untuk dirinya tentu lebih santai dan enjoy dibandingkan dengan seorang laki-laki yang menjadi suami, dikarenakan seorang laki-laki berkewajiban untuk menghidupi keluarganya pasti ia kerjanya lebih giat dibanndingkan ketika ia masih bujang. Dalam hati laki-llakki tersebut, pasti ia bekerja keras karena ingin keluarganya bahagia, tercukupi kebutuhannya serta aman. Seorang lelaki yang baik pasti tak tega melihat istrinya dan anak-anaknya tak berkecukupan.
Tentunya pekerjaan apapun yang kita lakukan harus tetap dalam koridor agama Islam, karena kita ketahui bahwa seseorang yang melakukan pekerjaan tanpa melihat halal haram maka ia kan binasa, tak dihormati dan dihargai oleh masyarakat serta umat, contoh tenar saat ini ialah Gayus, kita tentu tahu siapa Gayus, ia adalah orang yang pintar dan cerdas serta berkecukupan, namun mereka sama sekali tak menjadikan Islam sebagai pedoman hidupnya, hasilnya, GAyus yang alumni STAN tersebut telah berhasil mengkorupsi uang rakyat dan akhirnya meringkuk dipenjara, masih banyak lagi tokoh lainnya yang kecerdasannya luar biasa, namun akhlaknya bejat. Yang ketika memimpin malah menyusahkan rakyat.
So, masihkah ada pendapat yang mengatakan motivasi untuk melakukan pekerjaan sesuai koridor agama itu gak penting,.,,,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar