Sabtu, 14 November 2009

PSIKOLOGI INDUSTRI

MENGENAI ORGANISASI, FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PRBEDAAN INDIVIDU JUGA HUKUM BEHAVIOR MANUSIA

Segala yang ada di dunia ini adalah merupakan sebuah sistem, dimana sistem di dunia ini merupakan sekumpulan komponen yang saling berinteraksi dan terorganisir untuk mencapai tujuan yang sama.demi berlangsungnya kehidupan di dunia ini. Begitu juga tentang dunia industri,, di sana banyak sekali komponen-komponen yang saling berinteraksi demi terciptanya sistem industri.
Sistem industri tersebut berjalan karena adanya organisasi yang mewadahi sistem tersebut. Pengertian organisasi menurut gue adalah koordinasi sejumlah kegiatan dan tanggung jawab yang dilakukan oleh berbagai orang disertai wewenang dann tanggungjawab untuk mencapai tujuan yang sama. Tentunya setiap orang yang ikut dalam organisasi tersebut mempunyai tujuan masing-masing atau tujuan individu.
Oh ya keberhasilan suatu organisasi juga tergantung dari manajemennya suatu organisasi tersebut, menurut Henry Fayol elemen-elemen organisasi ada lima macam, yaitu dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penyusunan (staffing), kemudian pengarahan setelah itu pengawasan.
Contoh mudahnya seperti ini, kelompok saya mempunyai keinginan untuk mendapatkan nilai A pada mata kuliah psikologi industri, Keinginan tersebut tentunya harus bisa saya wujudkan dengan berbagai macam usaha, sesuai prinsip-prinsip manajemen organisasi tentunya pertama kali harus merencanakan target tersebut atau bahasa bekennya planning, rencananya semua anggota kelompok dapet nilai A (wow keren kan) setelah planning selesai kemudian penggorganisasian apa yang kelompok saya rencanakan tersebut, misalnya dengan menjadwalkan schedule belajar kelompok saya tentang mata kuliah tersebut, jadwal diskusi, abiz itu penyusunan jabatan-jabatan anggota (job description) mengenai siapa yang jadi ketua kelompok siapa yang jadi skkretarisnya, bendahara mungkin(kalau, dan tentunya anggota, untuk permasalahan ini ketua kelompoknya juga sebagai tempat bertanya untuk mata kuliah psikologi industri. Setelah itu pengarahan mengenai pekrjaan – pekerjaan yang hars dilakukan kelompok ini agar tercapai misinya. Langkah terakhir adalah pengawasan mengenai berjalannya atau kegagalan apa saja yang terjadi selama kelompok ini berjalan.
Dalam berjalannya aktiftitas kelompok ini, pasti ada gejolak-gejolak yang mewarnainya, sudah merupakan sebuiah sifat alami dari suatu organisai, sifat alami lainnya aktifitas-aktifitas yang dialkukan setiap individu berbeda, hasil yang diperoleh pun akhirnya berbeeda-beda, ini diakibatkan karena adanya faktor-faktor yang mempengaruhi individu-individu tersebur.
Faktor-faktor tersebut ialah faktor internal dan faktor eksternal,, fak
Fakror internal tersebut ada 3 yaitu:
Taraf kesehatan fisik, nah kelemahan di faktor ini biasanya menyebabkan personil kelompok gue jadi tidak ikut kegiatan, entah sakitlah atau badan capek dsb
Bentuk tubuh dan komposisisnya,, Bentuk tubuh ini bisa saya misalkan dalam penerimaan Satpam, dibutuhkan orang yang memiliki postur kekar , berat badan ideal, sehingga kesan garang bisa timbul tiak melihat orang tersebut
Kemampuan panca indera,, misalnya kemampuan penciuman/pembauan, kemapauan pendengaran, atau kemampuan untuk melihat suatu objek.
Faktor eksternal anatara lain
Intelligensi tahu kan intelligensi itu pa??? Yaitu mengenai Kecerdasaan sseorang, daya faham seseorang atau daya ingat seseorang
Bakat, ialah sesuatu kemampuan istemewa yang dimilki insan sejak ia lahir, kadang manusia sampai ia mati ia tidak mengerti apa bakatnya, sungguh tragis manusia seperti itu,
Minat, ialah kenginan seseorang untuk melakukan suatu aktifitas yang didasari rasa suka teramat sangat.
Edukasi, ahh edukasi ini mah kosakata umum yang sudah kita denger sehari-hari yaitu mengenai pendidikan seseorang, tingkat pendidikan seseorang juga menentukan sikap dan keputusan yang diambil seseorang.
Motivasi ialah suatu dorongan/semangat agar orang melakukan suatu hal tertentu.

Prinsip-prinsip mengenai hukum Tingkah laku manusia
Sesuai kitab yang saya baca mengenai hal tersebut menjelaskan bahwa Behavior (tingkah laku manusia) berbanding linear dengan Stimulus yang ada, semakin besar stimulusnya semakin besar pula aktifitas manusia tersebut, hal tersebut bisa di formulasikan dengan B=f(S),
Faktor lainnya yang mempengaruhi tingkah laku manusia adalah organisme, mengenai hal ini fformulasinya ialah B = f(organisme), untuk pendapat selanjutnya bahwa behavior dipengaruhi juga oleh pengalaman, bahasa bekennya accomplishment. Digambarkan ketika orang melakukan sebuah kegiatan pasti memberikan sebuah hasil bagi orang tersebut, bila hasilnya berupa pengalaman menyenangkan ia cenderung untuk melakukannya lagi dan berusaha agar jadi lebih baik, namun bila pengalamannya meyedihkan, tragis, pasti 100% orang tersebut tak kan melakukan hal itu lagi..
Tulisan saya ini, merupakan pemahaman saya dari berbagai macam buku yang saya baca, namun saya sarankan bagi anda untk membeli Buku Psikologi Industri karya Drs. Moh. As’ad, S.U., Psi. Karena tulisan ini saya buat sesuai dengan allur yang ada dalam buku tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar